Senin, 21 Januari 2019

Tutorial Flash Upgrade Downgrade Sony Xperia Z5 Compact (E5823) dan Z5 Compact Docomo (SO-02H)

Banyak sekali yang kebingungan bagaimana cara flash Xperia Z5 Compact Docomo dan cara flash Xperia Z5 Compact versi global. Nah, pada postingan ini xperiaedge akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara flash kedua xperia tersebut. Untuk flashing kedua xperia yakni z5 compact dan z5 compact docomo sama saja hanya berbeda pada firmware saja.

Sedikit penjelasan tentang flashing, flashing merupakan salah satu upaya untuk mengupgrade, downgrade versi software xperia, upaya untuk mengatasi softbrick bootloop misalnya, dan kerusakan software lainnya pada smartphone. Dengan melakukan flashing berarti sobat sudah bersedia untuk kehilangan data-data smartphone karena flashing akan menghaspus semua data pada smartphone. Oleh karena itu, xperiaedge menyarankan untuk mencadangkan data-dat penting sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Tutorial ini sudah tested pada Xperia Z5 Compact menggunakan firmware Z5 Compact itu sendiri dan Xperia Z5 Compact Docomo menggunakan firmware Z5 Compact Docomo sendiri. Untuk Z5 Compact Docomo menggunakan firmware global juga sudah tested dan tidak berhasil. Jika sobat-sobat pembaca ada yang berhasil silahkan berbagi tips di kolom komentar lalu kami mengupdate postingan ini. Sama-sama kita membangun xperiaedge agar menjadi situs yang bermanfaat untuk semua pengguna smartphone xperia.

Disclaimer : xperiaedge tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada perangkat xperia sobat. Kami hanya membagi tutorial yang sudah teruji berhasil.

========================DO WITH YOUR OWN RISK========================

Baiklah langsung saja.

Pra-flash Xperia Z5 Compact (E5823) dan Xperia Z5 Compact Docomo (SO-02H)


1. Siapkan PC dan kabel USB. Pastikan PC dan Kabel USB arus nya tidak terputus. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Download dan instal Sony Flashtool beserta drivernya. Link download serta tutorial instalasi flashtool sobat bisa cek portingan kami sebelumnya Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu

3. Download firmware untuk Xperia Z5 Compact dan Xperia Z5 Compact Docomo di bawah ini.

Xperia Z5 Compact
E5823_32.2.A.0.224_TW (Marsmallow 6.0)

Untuk firmware xperia Z5 Compact Docomo sobat bisa download di ftf.andro.plus pilih SO-02H

atau sobat juga bisa download kumpulan koleksi firmware terlengkap di xperifirm untuk cara download sobat bisa cek Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya

4. Pastikan baterai xperia berada diatas 50%.


Tutorial Flash Xperia Z5 Compact (E5828) dan Z5 Compact Docomo (SO-02H)


Disini kami peragakan menggunakan Z5 Compact Docomo jadi untuk Xperia Z5 Compact tidak perlu khawatir sama saja. Flashtool yang kami gunakan disini adalah versi 0.9.

1. Buka flashtool. Pada saat pertama kali membuka flashtool pastikan koneksi internet aktif agar data flashtool tersingkronisasi dan firmware pun akan terdeteksi.



2. Klik logo flash atau logo petir pada sudut kiri atas. Lalu pilih flashmode. Maka akan terbuka jendela firmware selector.



3. Klik pada firmware Xperia Z5 Compact klik juga panah kecil-kecil hingga muncul build number nya dan klik pada build number tersebut.

4.Pada opsi wipe centang userdata, pada opsi exclude centang cache, forakernel, dan partition, dan pada opsi exlude Misc-TA centang FOTA-RESET saja selengkapnya cek gambar dibawah. Lalu klik flash. Maka flashtool akan menyiapkan firmware untuk di flash. Tunggu saja.



5. Jika sudah muncul jendela untuk menghubungkan xperia ke PC (cek gambar)



Maka matikan xperia. setelah benar-benar dalam keadaan mati. Hubungkan Xperia ke PC menggunakan kabel USB sambil menahan volume bawah. Led hijau akan menyala dan flashing pun akan berjalan secara otomatis. Tunggu saja prosesnya kurang lebih 10 menit. 

Jika bar hijau sudah kosong dan sudah ada flash finished pada log flashtool, cabut USB lalu nyalakan xperia. Booting pertama memang agak lama. So, santai saja.



Demikian tutorial flash Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact Docomo. Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Jika sobat mengalami kegagalan atau mendapati kejanggalan pada postingan ini. Silahkan berkomentar di kolom yang experiedge sediakan dibawah ini.

NO SONY NO PARTY

BitTorrent $BTT akan bernilai $7 di akhir tahun 2021

  BitTorrent token akan merajai NFT dan itu yang akan menjadikan token $BTT benilai tinggi di akhir tahun ini, harga akan naik sampai $7.