Senin, 13 Agustus 2018

Tutorial Pasang TWRP dan Root Xperia Z3+ atau Xperia Z4 Docomo, AU, Softbank


Anda yang menuju ke tulisan ini pastinya sudah tahu apa itu root dan tahu keuntungan dan kerugian root smartphone xperia. Jika anda belum tahu sebaiknya istirahat dulu, ambil segelas kopi dan kacang-kacangan sambil membaca artikel dibawah ini.

keuntungan dan kerugian root smartphone xperia

Jika anda sudah tahu betul keuntungan dan kerugian root maka silahkan lanjutkan tutorialnya.




Tutorial ini hanya berlaku untuk smartphone sony xperia z3+ atau z4 baik itu pabrikan global (E6553/E6533) maupun jepang yakni docomo (SO-O3G), au (SOV31), dan softbank (402SO) firmware Lollipop, Marsmallow dan Nougat

Agar anda dapat melakukan rooting pada smartphone xperia maka anda harus terlebih dahulu melakukan unlock bootloader. Ketik *#*#7378423#*#* lalu pilih configuration lihat opsi bootloader unlocked allowed. Jika statusnya yes maka sobat bisa melakukan unlock bootloader jika no maka urungkan saja niat anda untuk melakukan rooting karena tidak akan berhasil. Untuk cara unlock bootloader saya buat secara terpisah silahkan klik artikel dibawah ini untuk tutorial nya. 

Cara unlock bootloader sony xperia menggunakan flashtool 

Rekomendasi : Tutorial Flash Xperia Z3+ dan Z4 Docomo, Au, dan Sofbank

Update : Alangkah lebih baik lagi sobat membackup TA-partition sebelum Unlock bootloader. Untuk fungsi dan Tutorial backup serta restore bisa dicek di artikel di bawah ini

Tutorial Backup TA-partition sebelum unlock bootloader


Jika bootloader sudah unlocked mari kita lanjutkan tutorialnya.

Cara Root Xperia  Z3 Plus (E6553/E6533),  Z4 docomo (SO-03G), Z4 au (SOV31), dan Z4 softbank (402SO) Firmware Lollipop, Marsmallow, dan Nougat

Siapkan alat dan bahan :

1. PC dengan sistem operasi windows . Usahakan windows 7 agar memudahkan proses penginstalan driver.

2. Kabel USB

3. Adb setup download disini. setelah di download langsung instal. Caranya buka adb setup. 


Do you want to install ADB and Fastboot? <Y/N> klik Y.


Begitu juga dengan pertanyaan dibawahnya jawab Y

cek gambar dibawah agar lebih jelas.



5. Download  TWRP recovery disini

6. Download SuperSU V2.79.zip disini atau magiskv16.zip disini download salah satu saja. Menurut Xperiaedge lebih bagus masgisk. sebenarnya sama saja fungsinya kelebihan magisk hanya systemless dan bisa hide root. pindahkan file ke memori internal atau eksternal usahakan diluar folder agar mudah dicari.

Cara instal twrp melalui adb dan rooting.


1. pindahkan twrp (recoveryz4.img) yang sudah didownload tadi tadi ke drive c>adb (folder adb ini adalah folder hasil instalasi adb setup tadi).

2. Pada folder adb tahan shift pada keyboard. Lalu klik kanan pilih opsi open "command windows here." Jika opsi tersebut tidak muncul berarti anda belum menahan shift pada keyboard.

3. Command promt atau cmd akan terbuka. Matikan perangkat xperia anda. Hubungkan xperia ke pc menggunakan kabel usb sambil menekan volume down. Tunggu sampai driver terinstal biasanya kurang dari satu menit. Cabut usb lalu sambungkan kembali sambil menekan volume up (fastboot mode). Jika sudah tersambung dengan benar maka secara otomatis led biru akan menyala pada perangkat xperia.

4. Pada cmd ketik 
fastboot flash recovery recoveryz4.img
Jika sudah ada tulisan done atau succes pada cmd maka anda sudah berhasil menginstal twrp.

6. Cabut kabel usb. Hidupkan perangkat xperia. Maka saat booting led akan menyala dengan cepat tekan volume atas atau bawah untuk masuk ke twrp.

7. Pada twrp klik install zip. Pilih supersu.zip atau magisk.zip yang  disimpan di memori internal atau microsd tadi. Lalu swipe ke kanan untuk menginstal.

8. Setelah terinstal reboot perangkat xperia. Setelah menyala buka menu apabila sudah ada aplikasi supersu maka anda telah berhasil rooting pada perangkat xperia z3+/z4. apabila sobat menggunakan magisk instal dulu magisk manager apabila tidak ada magisk manager dimenu. download magisk manager disini.

Selesai sudah saya menjelaskan tutorial root xperia z3+(E6553), xperia z3+ dual(E6533), xperia Z4 au, docomo, dan softbank(402SO). 

Jika sobat masih bingung. Kami siap membantu. Silahkan bertanya pada kolom komentar yang kami sediakan.




BitTorrent $BTT akan bernilai $7 di akhir tahun 2021

  BitTorrent token akan merajai NFT dan itu yang akan menjadikan token $BTT benilai tinggi di akhir tahun ini, harga akan naik sampai $7.