Jumat, 17 Agustus 2018

Tutorial Backup TA Partition Sebelum Unlock Bootloader Sony Xperia

Jika sobat ingin melakukan unlocking bootloader alangkah baiknya sobat mengetahui tentang TA partition.

Apa itu TA partition? Ta partition adalah salah satu partisi pada xperia yang memiliki informasi dan fungsi yang sangat vital diantaranya drm keys, bionz image, x-reality, dll. Jadi jika sobat kehilangan TA atau lupa membackup sebelum unlocking bootloader maka anda akan kehilangan fitur istimewa. Kamera xperia  tidak bisa fokus,   mode peningkatan gambar tidak bisa diaktifkan,dll. Itulah yang akan terjadi jika anda tidak membackup ta sebelum unlocking bootloader.



Sebelum melakukan backup maka kita harus terlebih dahulu menurunkan versi android ke os lolipop menggunakan flashtool. Karena, backup ta partition hanya bisa dilakukan di kitkan dan lollipop (pengalaman admin) untuk os lainnya admin belum coba silahkan di eksplorasi sendiri.


Cara Backup TA Partition


1. Siapkan pc dan kabel usb

2. Download Backup Ta v9.8 atau versi terbaru di pc lalu ekstrak filenya. terserah ekstraknya dimana yang penting mudah dicari.

3. Aktifkan usb debugging pada xperia di opsi pengembang. Jika tidak ada opsi pengembang. Buka pengaturan>tentang ponsel> ketuk 5x pada nomor pembuatan. Jika sudah maka muncul pop up “anda adalah seorang pengembang.” opsi pengembang sudah muncul silahkan aktifkan usb debugging-nya.




4. Sambungkan xperia ke pc

5. Buka Backup Ta v9.8 yang sudah di ekstrak tadi kemudian jalankan tabackup.bat. Cek xperia sobat. Biasanya akan muncul pop up perizinan usb debugging. Klik “izinkan”

6. Ta partition pun berhasil di backup. Hasil backup-an nya berekstensi “.img” dan berada pada folder ekstrakan Backup Ta v9.8 tadi.

Sekarang sobat sudah bisa meng-unlock bootloader tanpa takut kehilangan fitur istimewa xperia sobat.

Cara Restore TA Partition


1. Hubungkan xperia ke pc pastikan debugging usb aktif

2. Buka Folder Backup Ta v9.8 yang sudah di ekstrak tadi. Jalankan “tarestore.bat”

3. Jika muncul pop izin di xperia klik ”izinkan”

4. TA pun berhasil di restore

Saran Setelah Backup TA Partition

1. Unlock bootloader “cara unlock bootloader sony xperia”

2. Upgrade ke os terbaru

3. Restore ta partition yang di backup

4. Melakukan rooting. Unlock bootloader kalau bukan untuk rooting untuk apa lagi ya kan?? ;-)

Bagaimana jika anda lupa mem-backup ta? Maka anda harus flash drm-fix pada xperia anda yang mana drm-fix ini membuat fake ta partition untuk xperia anda. Intinya ini bukan ta original. Kalau mau ta original maka harus di backup. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini “solusi ta partition”

NB: TA partition setiap smartphone xperia itu beda. Jadi, jangan pernah restore ta partition dari xperia lain walaupun tipe xperia nya sama.

Demikianlah cara backup dan restore ta partition. Jika anda memiliki kesulitan silahkan berkomentar dibawah di kolom yang saya sediakan


BitTorrent $BTT akan bernilai $7 di akhir tahun 2021

  BitTorrent token akan merajai NFT dan itu yang akan menjadikan token $BTT benilai tinggi di akhir tahun ini, harga akan naik sampai $7.