Kamis, 10 Oktober 2019

Tutorial Flash XZ Premium Firmware ROM Pie dengan New Flasher

Hampir semua smarphone Xperia bisa di flash dengan software yang bernama flashtool yang di kembangkan oleh Androxyde. Namun, rom atau firmware dengan sistem operasi android pie tidak dapat di flash menggunakan flashtool (saat postingan ini dibuat), melainkan kita harus flash dengan software yang bernama newflasher yang di kembangkan oleh munjeni. New flasher tidak hanya dapat mem-flash rom pie tetapi juga dapat mem-flash versi android dibawahnya, marsmallow, nougat, dan oreo. Tapi yaa,, lebih baik gunakan flashtool saja jika hendak flash firmware oreo, nougat, atau marsmallow.

Memang berbeda dengan flashtool yang memiliki tampilan yang userfriendly sekali, sedangkan newflasher berupa box dengan command line. Yakni, kita harus flash dengan cara menuliskan perintah pada command line. Memang untuk pemula kedengarannya sangat rumit. Namun itu tidak serumit itu, jika sudah biasa.



Pada postingan ini, kami akan bagikan tutorial bagaimana cara flash Sony Xperia XZ Premium dengan new flasher.  Tutorial ini juga dapat di terapkan pada Xperia XZ Premium Dual, Xperia XZ Pemium Docomo. Xperia XZ Premium AU, dan XZ Premium Softbank.

Pra-flash Sony Xperia XZ Premium dengan New Flasher

1. Siapkan PC, kabel USB Type C, dan Xperia XZ Premium dengan daya baterai diatas 50%
2. Download flashtool disini.Mengapa instal flashtool lagi? kita tidak butuh flashtool nya, melainkan driver flashmode dan fastboot yang terdapat di dalam flashtool yang kita butuhkan. Tutorial instalasi flashtool beserta driver teman-teman bisa cek disini.
3. Download New Flasher disini. Lalu ekstrak new flasher di satu folder.
4. Download dan instal driver Xperia XZ Premium disini. Tapi perlu di ketahui, driver ini harus di instal secara manual. Tutorial nya teman-teman bisa cek disini
5. Download Xperifirm disini. Xperifirm sendiri adalah software untuk mendownload firmware mentahan Xperia yakni firmware yang belum di kompres menjadi ftf. Wajib download firmware di xperifirm ya teman-teman. Setelah di download langsung di instal, lalu download firmware XZ Premium di Xperifirm, jika tidak tahu cara download di Xperifirm teman-teman bisa cek disini. Ingat! hanya perlu download saja, tidak perlu di bundling menjadi ftf.
6. Koneksi internet. Do'a jangan lupa. Gorengan dan kopi bila perlu.

Oiya, biasanya teman-teman "pemula" banyak yang gagal flash karena Xperia tidak terdeteksi di PC. Hal ini disebabkan karena driver belum terinstal dengan benar. Biasanya juga driver akan sulit diinstal pada windows 8 dan windows 10. Jika teman-teman kesulitan menginstal driver, coba disable signature enforcement. Caranya teman-teman bisa lihat di postingan instal flashtool pada langkah kedua diatas.

Tutorial Flash Xperia XZ Premium dengan New Flasher.

1. Buka folder hasil download Xperifirm, hapus semua file dengan ekstensi TA. Jika ada file dengan ekstensi zip, silahkan di ekstrak lalu cek isi dalam nya. Jika ada file TA, hapus juga file nya. Intinya tidak boleh ada file dengan ekstensi TA di dalam firmware. File zip yang telah di ekstrak tadi tidak perlu di kompres kembali. Mengapa harus hapus file TA? kami menjawab sesuai pengalaman saja. Kami pernah flash Sony Xperia Z3+ Softabank dari firmware Softbank ke firmware global. Kami flash menggunakan flashtool, tanpa exclude TA, tidak terjadi perubahan apapun. Namun, kami pernah flash XZ AU dengan kondisi serupa, tanpa exclude TA, yang terjadi adalah jaringan hilang. Solusinya, kami flash kembali firmware AU lalu flash lagi dengan firmware global exlude TA. Alhasil jaringan kembali normal. Sampai sini kami kira teman-teman sudah tahu mengapa harus hapus TA atau exclude TA.


2. Jika file TA sudah di hapus, pastikan tampilan folder firmware seperti gambar di bawah ini. Jika sudah, pindahkan semua isi firmware ke folder New Flasher yang telah di ekstrak tadi. Ingat semua isi firmware, bukan folder firmware.



3.  Matikan Xperia, pastikan benar-benar mati. Kemudian hubungkan Xperia ke PC dengan USB sambil menahan volume bawah. Jika sudah terhubung, LED hijau akan menyala pada Xperia.
4. Buka folder new flasher. Lalu jalankan software new flasher.
5. Jendela Command Promt (CMD) akan terbuka. Ketik perintah "n" lalu enter. Ketik lagi "n" lalu enter lagi. Flashing Xperia akan berjalan secara otomatis. Tunggu saja kurang lebih akan memakan waktu 10 menit.





Jika sudah sampai ke baris "end; disconnect your device" berarti Xperia sudah berhasil di flash. Lepas kabel USB lalu nyalakan Xperia. Booting pertama agak lama ya, jadi jangan kira softbrick.
Sampai sini, kita sudah berhasil flash Sony Xperia XZ Premium sistem operasi android Pie.
Jika teman-teman memiliki kendala dalam proses flashing ataupun memiliki kritik dan saran terhadap kami, teman-teman bisa memberi komentar di kolom dibawah ini.


BitTorrent $BTT akan bernilai $7 di akhir tahun 2021

  BitTorrent token akan merajai NFT dan itu yang akan menjadikan token $BTT benilai tinggi di akhir tahun ini, harga akan naik sampai $7.