Sabtu, 23 Maret 2019

Tutorial Pasang Custom Rom AOSP Android Pie 9.0 Stable Sony Xperia XZ (F8331), Xperia XZ Dual (F8332), Xperia XZ AU (SOV34), dan Xperia XZ Softbank (601SO)

Sony Xperia XZ bisa di update ke android pie? Mimpi!. Sekarang bukan mimpi lagi. Xperia XZ bisa di update ke android pie dengan cara menginstal Custom ROM AOSP pie. Custom Rom AOSP ini merupakan rom stok android jadinya custom rom ini tidak banyak aplikasi bawaan atau bloatware yang tidak berguna. Rom ini juga sudah stable jadi bisa digunakan untuk kegunaan sehari-hari tanpa ada kendala.

Custom Rom ini bisa di instal pada Sony Xperia XZ, Sony Xperia XZ AU, dan Sony Xperia XZ Softbank. Untuk Xperia XZ Docomo belum bisa, dikarenakan Xperia XZ Docomo masih belum bisa di flash ke firmware global.

Rom ini sudah tested di Xperia XZ AU dengan menggunakan firmware global sebelumnya. Jika sobat ingin menginstal Rom ini di Xperia XZ AU atau Xperia XZ Softbank, Pastikan Xperia XZ Sobat bisa di unlock bootloader. Karena, tidak banyak Xperia XZ AU atau Xperia XZ Softbank bisa di unlock bootloadernya. Untuk mengecek bootloader dial *#*#7378423#*#* lagu pilih konfigurasi silahkan cek pada status bootloader. Jika bootloader unlock allowed yes berarti bisa di unlock dan jika no maka tinggalkan laman ini.



Sekian saja untuk pengantar, langsung saja kita siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk eksekusi.

Pra-instalasi Custom Rom AOSP PIE 9.0 Pada Sony Xperia XZ (F8331), Xperia XZ Dual (F8332), Xperia XZ AU (SOV34), dan Xperia XZ Softbank (601SO)


1. Siapkan PC dan Kabel USB. Sangat direkomendasikan menggunakan kabel USB original bawaan hp (terserah bawaan hp apa yang penting bagus dan ori) atau USB yang bermerek bagus. Menggunakan kabel USB abal-abal dapat menghabat proses penginstalan.
2. Download Rom AOSP pie disini. Untuk Xperia XZ Dual SIM (F8332) Download juga Dual SIM Patcher-nya.
3. Download TWRP Sony Xperia XZ disini
4. Download dan instal Minimal Adb dan Fastboot. Download disini.
5. Download dan instal driver Sony Xperia XZ. Download disini pilih Sony Xperia XZ. Untuk menginstal driver harus menggunakan cara manual. Tutorial menginstal driver xperia secara manual ada di postingan kami sebelumnya Tutorial Instal Driver Manual Xperia.
6. Download OEM Xperia XZ disini
7. Download Magisk disini. ini opsional saja. Magisk berguna untuk mendapatkan akses root. Untuk teman-teman yang tidak membutuhkan root abaikan saja.
8. Download Gapps disini. Pilih ARM64, android 9.0, pico atau nano. Jika tidak menginstal Gapps maka tidak ada google play service dan tidak ada playstore.
9. Pastikan Xperia XZ berada pada ROM Global. Untuk mengeceknya masuk ke pengaturan>tentang ponsel. Jika F8331 berarti global dan jika SOV34 atau 601SO berarti masih menggunakan ROM Japan. Silahkan Flash dahulu Xperia XZ AU (SOV34) dan Xperia XZ Softbank (601SO) ke ROM Global. Tutorial Flash Xperia XZ AU ke Global bisa cek disini dan untuk Xperia XZ Softbank disini.
10. Pastikan juga Sony Xperia XZ sudah di unlock bootloader-nya. Jika belum, silahkan ikuti panduan unlock bootloader disini.

Tutorial Instal TWRP dan OEM Pada Sony Xperia XZ (F8831), Xperia XZ Dual (F8832), Xperia XZ AU (SOV34), dan Xperia XZ Softbank (601SO)


Sebelum menginstal TWRP dan OEM, pindahkan file ROM, GAPPS, dan Magisk ke memori internal Xperia XZ terlebih dahulu.

1. Pindahkan file TWRP dan OEM ke folder Minimal ADB dan Fastboot yang sudah di instal tadi. Lokasi penginstalan default nya biasanya berada di C;/ Program files (x86)/Minimal ADB dan Fastboot.
2. Ubah nama file TWRP menjadi twrp.img dan ubah juga nama file OEM menjadi oem.img
3. Buka Folder Minimal ADB dan Fastboot. Di dalam folder tahan shift lalu klik kanan pilih "open command window here" atau "Open Powershell Windows here". Maka jendela CMD atau Powershell akan terbuka
4. Matikan Xperia XZ. Lalu masuk ke mode fastboot dengan cara tahan tombol volume atas sambil mencolokkan USB ke PC Jika ledbiru menyala berarti xperia xz sudah berhasil masuk ke mode fastboot.
5. Pada jendela CMD atau Powershell masukkan perintah,
fastboot devices
perintah ini fungsinya untuk mengecek apakah Xperia sudah terhubung. Jika muncul fastboot number, berarti Xperia sudah berhasil terhubung ke PC. Maka kita siap untuk melakukan penginstalan TWRP dan OEM
6. Untuk menginstal TWRP, masukkan perintah lagi pada CMD atau Powershell,
fastboot flash recovery twrp.img
7. Lanjut lagi untuk menginstal OEM, masukkan perintah lagi,
fastboot flash oem oem.img
Sampai disini kita sudah berhasil menginstal TWRP dan OEM maka kita sudah siap untuk menginstal ROM-nya. Jangan lupa untuk mencabut USB.

Tutorial Instal Custom ROM AOSP Pie Sony Xperia XZ, Xperia XZ AU, dan Xperia XZ Softbank (601SO)


1. Masuk ke TWRP, dengan cara menahan tombol volume atas dan power. 
2. Pada TWRP, pilih instal zip, lalu cari file rom AOSP tadi. Pilih Rom AOSP Swipe ke kanan untuk menginstal. Tunggu saja proses penginstalannya
3. Instal Dual SIM patcher untuk Xperia XZ Dual SIM (f8832) instal seperti langkah 2
4. Instal lagi Gapps dan Magisk secara berurutan seperti langkah 2 di atas.
5. Reboot Xperia XZ. Proses booting pertama agak lama. Jadi, santai saja. Tetapi, jika lamnya lebih dari 30 menit berarti bootloop. Silahkan cek dan ulangi langkah-langkah diatas kembali secara seksama.

Sampai disini kita sudah berhasil menginstal Custom ROM AOSP Pie pada Sony Xperia XZ. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan, link mati, dan hal-hal yang masih belum dimengrti dapat di diskusikan pada kolom komentar yang xperiaedge sediakan dibawah ini.

Screenshot ;

Credits ;
MotexT 
Paul aka Fastbooking for guiding 
SONY Open Devices Project developers for source 
Gouster aka tweak-maniac for DualSim patcher


BitTorrent $BTT akan bernilai $7 di akhir tahun 2021

  BitTorrent token akan merajai NFT dan itu yang akan menjadikan token $BTT benilai tinggi di akhir tahun ini, harga akan naik sampai $7.