Jumat, 21 Desember 2018

Tutorial Flash Xperia Z1 Compact (D5503/M51w), Xperia Z1 compact Docomo (SO-02F), Xperia A2 (SO-04F), dan Xperia J1 Compact (D5788) dengan firmware Docomo dan Global

Seperti biasa, tentunya sobat yang akan mengikuti tutorial ini sudah mengerti flash itu apa. Singkatnya, flash adalah salah satu upaya untuk menginstal ulang, upgrade software , downgrade software, menyembuhkan smartphone dari segala penyakit software seperti bootloop, system crash, dll.

Pada kesempatan kali ini Xperiaedge akan membagi tutorial bagaimana cara flash Sony Xperia Z1 Compact, Xperia Z1 Compact Docomo, Xperia A2 Docomo (Z2 Compact) dan Xperia J1 Compact Docomo.


Mengapa banyak sekali docomo? Yaa,, karena smartphone Sony Xperia Z1 Compact dkk ini masuk ke Indonesia lebih banyak dalam keadaan bekas orang Jepang pakai. Dan di Jepang smartphone ini di bundling dengan operator docomo. Mengerti?

Jika belum nih baca,,

Mari kita lanjutkan.
Sedikit kami jelaskan perbedaan xperia Z1 Compact dkk.

Xperia Z1 Compact (D5503)= Produk smartphone Sony versi Global
Xperia Z1 Compact (M51w) = Produk Smartphone Sony versi China
Xperia Z1 Compact Docomo (SO-02F)= Produk Smartphone Sony versi Jepang
Xperia A2 Docomo (SO-04F) biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan Z2 Compact = Produk Smartphone Sony Versi Jepang
Xperia J1 Compact Docomo (D5788)= Produk Smartphone Sony Versi Jepang

Kelima seri Z1 Compact tidak memiliki banyak perbedaan pada software maupun hardware. Hardware dan software kelima smartphone tersebut bisa diganti-ganti dengan saudaranya. Misal, Xperia Z1 Compact Docomo di flash menggunakan firmware Xperia Z1 Compact Global. Begitu Juga dengan yang lainnya.

Sebelum menuju ke inti tutorial mari siapkan terlebih dahulu hal yang diperlukan dalam melakukan flash xperia.

Pra-Flash Sony Xperia Z1 Compact, Xperia Z1 Compact Docomo, Xperia A2 Docomo, dan Xperia J1 Compact Docomo.


1. Siapkan PC dan kabel USB yang masih berfungsi dengan baik. Untuk PC sahakan Window.

2. Download dan instal Sony Flashtool beserta drivernya. Link download dan tutorial instalasi bisa mengikuti Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu

3. Download firmware dibawah ini.

Xperia Z1 Compact Global (D5503)

Untuk Xperia J1 Compact Docomo (D5578), Xperia A2 Docomo (SO-04F), dan Xperia Z1 Compact Docomo (SO-02F). download di ftf.andro.plus

Semua firmware diatas dapat diinstal di xperia sobat selama xperia sobat termasuk lima tipe yang xperiaedge sebutkan diatas.

setelah di download pindahkan firmware yang telah didownload ke
C://users/nama_pc_sobat/.flashtool/firmware

4. Siapkan Xperia dengan baterai diatas 50%

Setelah menyiapkan mari kita lanjut ke inti.

Tutorial Flash Instal Ulang Sony Xperia Z1 Compact, Xperia Z1 Compact Docomo, Xperia A2 Docomo, dan Xperia J1 Compact Docomo.


1. Buka flashtool. Saat pertama kali membuka flashtool (khusus unutuk pertama kali buka saja) aktifkan koneksi internet agar data device pada flashtool tersinkronisasi.

2. Klik logo petir pada sudut kiri atas flashtool. Lalu pilih flashmode.



3. Pilih firmware yang telah didownload tadi. Klik saja panah-panah kecil hingga keluar build number firmware. Lalu klik pada build number firmware tadi.

4. Centang semua opsi wipe agar flash bersih. Lalu klik flash. Tunggu saja, flashtool sedang menyiapkan firmware untuk di flash.



5. Jika sudah muncul jendela untuk menyambungkan Xperia. Maka, sambungkan xperia dalam keadaan mati sambil menahan, volume bawah. Led hijau akan menyala flashing pun berjalan. Tunggu hingga selesai.



Jika bar hijau yang berjalan sudah penuh atau sudah ada tulisan flash finished pada log flashtool berarti flash sudah berhasil. Silahkan cabut usb lalu nyalakan Xperia sobat untuk membuktikan nya. Bootinf pertama mwmang agak lama. So, santai saja.


Sampai disini sobat sudah berhasil flash sony xperia Z1 Compact dkk. Jika ada hal yang masih belum jelas atau mengalami kegagalan dengan tutorial ini. Silahkan berkomentar dibawah.

BitTorrent $BTT akan bernilai $7 di akhir tahun 2021

  BitTorrent token akan merajai NFT dan itu yang akan menjadikan token $BTT benilai tinggi di akhir tahun ini, harga akan naik sampai $7.